7 Trik Menghemat Listrik

7 Trik Menghemat Listrik

Zaman modern ini, listrik menjadi sebuah kebutuhan yang tidak terelakkan lagi. Setiap peralatan yang kita gunakan saat ini membutuhkan listrik. Hal ini kadang membuat kita terlena. Akibatnya tagihan listrik membengkak dan tidak terkendali. Sebenarnya apa saja hal yang dapat kita lakukan untuk menghemat listrik, terutama untuk kebutuhan sehari-hari? Berikut ini 7 tips menghemat listrik di rumah.

1. Menyalakan Alat Elektronik Seperlunya

Cara ini sebenarnya sangat sederhana dan mudah, namun banyak orang yang lupa. Cukup dengan matikan saklar lampu yang sudah tidak digunakan lagi, misalnya di siang hari. Mematikan alat elektronik seperti bila sudah tidak ditonton lagi. Mematikan AC saat hendak berpergian. Dengan sedikit kepedulian kita untuk mematikan alat elektronik ini saat tidak dipakai, tentu pemakaian listrik akan menjadi lebih hemat.

Credits : Markus Wrinkler

2. Cabut Kabel dari Saklar

Hal ini biasanya kita lakukan ketika men-charge gadget. Meskipun baterai telah penuh, kita biasanya hanya mencabut dari USB saja tanpa mencabut saklarnya. Hal tersebut menyebabkan arus listrik akan tetap mengalir sehingga listrik akan terbuang sia-sia. Oleh karena itu, biasakan untuk mencabut kabel dari saklarnya apabila telah selesai menggunakan charger ataupun alat-alat elektronik.

3. Menghemat pemakaian lampu

Ini juga menjadi suatu kebiasaan buruk kita untuk menggunakan lampu saat siang hari. Gunakan lampu pada saat dibutuhkan saja. Manfaatkan sinar matahari untuk sumber penerangan di siang hari. Coba untuk gunakan lampu hanya di jam tertentu yaitu jam 17.00 hingga 22.00 untuk menghemat penggunaan listrik. Selain itu gunakan lampu hemat energi berteknologi LED yang lebih hemat penggunaan daya listriknya. Selain lebih hemat, lampu LED juga lebih awet dan tahan lama.

Credits : Wallpapers Flare

4. Menggunakan AC seperlunya

Pilih AC yang hemat energi yang memiliki kemampuan untuk menaikkan suhu atau off secara otomatis apabila ruangan telah kosong. Kecilkan suhu AC jika terdapat 1-3 orang di dalam ruangan. Hindari untuk mengatur AC dengan suhu terkecil karena akan mengakibatkan boros listrik. Tentunya, matikan AC saat sudah tidak digunakan.

5. Matikan elektonik saat tidur

Mulai biasakan untuk mematikan peralatan listrik ketika akan tidur. Banyak orang yang saat tidur masih dalam keadaan TV menyala, lampu menyala, gadget dalam pengisian baterai, dan lainnya. Tentunya hal ini akan mengakibatkan tagihan listrik yang tinggi.

6. Gunakan Lemari Es dengan sebaik mungkin

Apabila hendak berpergian dan tidak ada makanan atau minuman apapun di dalam kulkas, sebaiknya matikan lemari es agar tidak menyedot energi listrik yang banyak. Selain itu hindari penggunaan suhu lemari es yang terlalu rendah, karena akan mengakibatkan konsumsi listrik yang semakin besar. Lakukan perawatan rutin agar suhu tetap terjaga tanpa megkonsumsi listrik secara berlebihan.

7. Gunakan Mesin Cuci sesuai kebutuhan

Sesuaikan kapasitas mesin cuci dengan jumlah pakaian. Jangan memilih mesin cuci yang berkapasitas terlalu besar karena akan semakin besar daya listrik yang digunakan. Usahakan juga untuk tidak melebihi kapasitas mesin cuci pada saat mencuci pakaian karena beban mesin cuci akan semakin bertambah dan daya listrik yang digunakan akan semakin besar.

Sumber : Baca Terus & Cermati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.