Bagaimana kendaraan listrik baterai bekerja ?

Bagaimana kendaraan listrik baterai bekerja ?

Lebih hemat dan lebih ramah lingkungan dengan kendaraan listrik

BEV atau Battery Electric Vehicle yang dalam Bahasa Indonesia disebut Kendaraan Listrik  menggunakan listrik yang disimpan dalam kemasan baterai untuk memberi daya pada motor listrik dan memutar rodanya. Ketika daya listrik dalam baterai telah habis, baterai diisi ulang menggunakan listrik baik dari listrik di rumah atau unit pengisian khusus seperti stasiun pengisian ulang listrik. Kendaraan ini tidak menggunakan bensin atau diesel sama sekali dan hanya mengandalkan listrik sehingga disebut juga dengan “all-electric” vehicles.

Kendaraan listrik baterai dalam pengoperasiannya  tidak menghasilkan polusi, bahkan kendaraan ini tidak memiliki knalpot. Namun, sebenarnya kendaraan listrik bisa menghasilkan polusi secara tidak langsung. Apabila baterai diisi menggunakan listrik yang dihasilkan dari batubara maka secara tidak langsung kendaraan listrik masih menghasilkan polusi meskipun jumlah polusinya tidak sebanyak kendaraan konvensional yang berbahan bakar minyak. Namun berbeda cerita apabila kendaraan listrik diisi dengan listrik yang berasal dari sumber energi baru dan terbarukan seperti tenaga surya atau angin. Hal tersebut tidak menimbulkan emisi sehingga dapat dikatakan bebas polusi.

Seperti kendaraan listrik dan kendaraan hybrid lainnya, kendaraan listrik baterai meminimalkan energi yang terbuang dengan mematikan mobil ketika berhenti (idle-off) dan dengan mengisi baterai saat pengereman atau bisa disebut juga regenerative braking.

Baterai mobil listrik memiliki manfaat tambahan berupa pengisian ulang baterai yang cukup mudah. Pengisian baterai kendaraan listrik dapat dilakukan di rumah. Dengan tegangan 240 volt, mirip dengan tegangan listrik yang digunakan untuk pengering pakaian, dapat mengisi daya kendaraan dalam semalam. Kendaraan listrik baterai yang terisi penuh, memiliki jangkauan mengemudi antara 70 hingga 100 mil (112-160 km) meskipun beberapa BEV dapat mencapai 265 mil (426 km) dengan sekali pengisian daya. Saat ini, semakin banyak stasiun pengisian umum dan tempat kerja menyediakan kapasitas pengisian tambahan.

Sumber : Unsplash Andrew Roberts

Banyak pengemudi menghargai pengalaman berkendara yang disediakan oleh mobil all-electric. Motor listrik menghasilkan torsi instan. Ini berarti bahwa BEV memiliki akselerasi yang sangat cepat dan rasa yang ringan saat dikendarai dibandingkan dengan mobil dan truk konvensional.

Sumber : ucsusa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.