Beginikah Hidup Tanpa Listrik?

Beginikah Hidup Tanpa Listrik?

Dulu sewaktu kita masih kecil, mungkin orangtua kita sering menyampaikan kepada kita bahwa kehidupan malam hari di era awal setelah penjajahan adalah hal yang susah karena listrik belum sampai di Indonesia. Kalau ada kemungkinan yang punya hanya orang-orang tertentu saja.

Banyak aktivitas yang terhambat karena tidak mendapat akses listrik. Tapi pernahkah kamu membayangkan jika listrik benar-benar hilang dari bumi? Hal itu bisa saja terjadi jika kita tidak mempersiapkan energi pengganti fosil mulai dari sekarang. Lalu apa sih yang akan terjadi kalau listrik benar-benar hilang?

1. Gagdetmu Tidak Berguna Lagi

Kalau listrik benar-benar lenyap dari bumi ini, gadgetmu tidak mungkin menyala lagi. Mereka hanya akan menjadi besi batangan yang tidak lagi berguna. Kecuali kamu menggunakan listrik yang berasal dari Energi Baru Terbarukan (EBT), kemungkinan tetap menyala masih ada.

2. Perkenomian Lesu

Perekonomian jelas akan mengalami perununan. Hal ini tentu saja karena produktivitas pada malam hari akan menurun. Tidak ada lagi bisnis yang bisa dilakukan malam hari kalau listrik lenyap. Jual beli online, perbankan, dan seterusnya juga akan berhenti beroperasi.

3. Perusahaan Lilin Kaya Mendadak

Nah hal ini tentu bisa saja terjadi karena ketika matahari berhenti menyinari bumi akan menjadi gelap. Kita kembali ke jaman dahulu, tidak ada lagi lampu yang ada hanya lilin dan dian untuk teman beraktivitas malam.

Kamu nggak mau kan hal-hal kaya gitu terjadi? Nah sekarang kita masih punya waktu sebelum beberapa tahun lagi benar-benar kehilangan energi fosil. Kita bisa beralih menggunakan Energi Baru Terbarukan.

Sumber : IDNTimes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.