Berbagai Peluang yang Datang di Era Kendaraan Listrik. Kamu Sudah Siap Menghadapi?

Berbagai Peluang yang Datang di Era Kendaraan Listrik. Kamu Sudah Siap Menghadapi?

Kesadaran masyarakat untuk menjaga bumi dan mulai mengurangi emisi kendaraan memunculkan adanya inovasi dalam membuat kendaraan listrik. Kendaraan ini merupakan solusi yang lebih ramah lingkungan. Era baru ini tentunya juga membuka peluang-peluang yang bisa kamu temukan. Nah apa saja peluang itu?

  1. Peluang untuk Pembuat Mobil

Banyak pabrik pembuat mobil yang juga beralih membuat kendaraan listrik. Namun pabrik-pabrik ini juga harus memutuskan tipe kendaraan listrik apa yang akan dibuat, apakah akan membuat kendaraan hybrid, plug-in hybrid atau battery electric vehicle untuk masa depan. Pembuat mobil biasanya berspesialisasi dalam sistem mesin dan transmisi, sementara pabrik lainnya membuat komponen. Pembuat mobil sekarang membangun keahlian internal atau bermitra dengan PEV khusus dan perusahaan baterai untuk membedakan teknologi mereka dengan pembuat mobil lain. Para pembuat mobil berlomba-lomba untuk membangun baterai yang lebih baik, mencapai skala ekonomi, dan memberikan pelanggan dengan nilai akhir terbaik.

2. Peluang untuk Pembuat Baterai

Pasar global untuk baterai kendaraan listrik pada tahun 2009 adalah $ 1,3 miliar. Peluang potensial ini telah menarik para pembuat baterai terkemuka dan juga startup untuk menginvestasikan dana penelitian dan pengembangan yang lumayan ke dalam aplikasi kendaraan. Pembuat baterai yang telah lama berkecimpung di bisnis ini memiliki keuntungan di pasar ini, karena biaya awal yang tinggi, persaingan dibangun di atas skala ekonomis, dan saat ini hanya ada sedikit pelanggan. Namun, industri baterai juga melihat sejumlah besar perusahaan pemula yang didorong oleh teknologi inovatif dan pemodal mengincar pasar kendaraan listrik yang berkembang. Ketika kendaraan listrik lepas landas, industri baterai diatur untuk berkembang. Pada akhirnya, pembuat baterai yang bersaing dengan baik dalam hal biaya, keamanan, dan kinerja akan meningkat sebagai pemimpin. Harga baterai juga akan jatuh karena teknologi menjadi lebih tinggi terstandarisasi. Setelah ini terjadi, pembuat baterai mungkin ingin memperluas ke sistem lain kendaraan listrik untuk mendapatkan lebih banyak peluang keuntungan.

3. Peluang dalam Rantai Pasokan

Meskipun kendaraan listrik dan kendaraan konvensional memiliki beberapa bagian komponen yang sama, ada lebih dari selusin sistem baru yang digunakan untuk kendaraan listrik yang tidak kompatibel dengan kendaraan konvensional. Beberapa sistem baru ini termasuk kotak perseneling baru, setir daya listrik, dan air pompa untuk mendinginkan mesin listrik. Paket baterai, komponen sel, dan bahan dasar untuk baterai juga akan membutuhkan rantai pasokan untuk diatur ulang. Massa penyebaran mobil listrik akan membutuhkan rantai pasokan untuk diperlengkapi kembali, sehingga membuka peluanguntuk pembuat baterai, pembuat komponen sel, dan pemasok untuk pemasok komponen. Peluang untuk pemasok tergantung pada komponen apa yang dibuat oleh perusahaan tersebut.

4. Peluang untuk Penyedia Utilitas / Infrastruktur

Dengan semakin banyak plug-in electric vehicle yang dihubungkan ke jaringan listrik, penyedia alat dan infrastruktur harus memenuhi permintaan akan pasokan listrik dan juga hal ini digunakan untuk menghasilkan keuntungan. Karena infrastruktur seringkali menjadi proyek bersama antara pemerintah-swasta maka menyeimbangkan laba dan layanan publik dapat menjadi tantangan. Satu studi ditemukan bahwa jika kendaraan listrik plug-in hybrid akan mengkonsumsi hingga dua persen total kebutuhan listrik. Jika mobil mengisi sebagian besar di malam hari, maka sedikit atau tidak ada kapasitas baru yang akan dibutuhkan. Namun, jika mobil ini mengisi di titik-titik pengisian maka diperlukan kapasitas pembangkit. Timbul pertanyaan siapa yang akan membayar untuk peningkatan kebutuhan listrik yang diperlukan. Pemerintah dan swasta perlu menyepakati kerangka kerja penetapan harga yang tidak merugikan.

5. Peluang untuk Pengembang Perangkat Lunak dan Smart Grid

Pengembangan smart grid akan berjalan seiring dengan penyebaran plug-in electric vehicle massal. Smart grid akan memungkinkan untuk mengatur pengisian kendaraan di grid dan memfasilitasi peringatan pengisian kendaraan selama jam sibuk. Alat ini juga dapat menggunakan perangkat lunak smart grid untuk menghidupkan atau mematikan pengisi daya kendaraan membentuk beban sistem.

Nah, inilah lima peluang yang ada saat era kendaraan listrik mulai hidup. Sudah siapkah Sobat menghadapinya?

Sumber : International Economic Development Council. 2013. Analysis of The Electric Vehicle Industry. Washington: IEDC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.