Indonesia Punya Peluang Pekerjaan EBT Tertinggi Kedua di Dunia

Dilansir dari Antara News, Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) menunjukkan bahwa Indonesia kini berada di peringkat kedua penciptaan lapangan kerja di bidang Energi Terbarukan. Peringkat pertama diduduki oleh Brasil, sedangkan di bawah ada Amerika Serikat, Kolombia, Thailand, Malaysia, Polandia, Filipina, dan China.

Menurut data yang dibagikan oleh IRENA, Indonesia bisa menciptakan 494.400 pekerja di bidang biodiesel. Tahun lalu, Energi Baru Terbarukan menicptakan lapangan kerja sebanyak 11,5 juta dengan dominasi 3,8 juta di energi surya secara global.

Direktor IRENA, Francesco La Camera mengatakan bahwa dengan mengadopsi energi terbarukan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan lokal di pasar energi yang berkembang dan sedang berkembang. Beliau juga menegaskan bahwa Asia memimpin bidang Energi Baru Terbarukan, setelah panel surya ada biofuel yang berkontirbusi menciptakan 2,5 juta lapangan pekerjaan.

Nah, mulai sekarang, kamu bisa cari tahu apa saja prospek profesi di bidang ini karena siapa tahu lima atau sepuluh tahun ke depan ada profesi baru yang mungkin belum kita ketahui sekarang.

Sumber : Antara