Kalau Semua Orang Vegetarian, Apa yang Terjadi di Dunia?

Banyak sekali alasan seseorang memilih tidak makan daging atau vegetarian. Ada yang karena diet, alergi, atau ada juga yang motivasinya untuk meringankan penderitaan hewan. Tidak peduli seberapa sering Anda makan daging tapi seorang vegetarian selalu punya alasan kalau tidak makan daging punya manfaat lebih.

Tapi bagaimana kalau semua orang di dunia berhenti makan daging dan jadi vegetarian? Apakah hal itu akan mempengaruhi kesehatan bumi?

Dikutip dari BBC Indonesia , seorang peneliti dari Oxford Martin School’s Future of Food programme bernama Marco Springmann, mencoba untuk mengukur seberapa jauh lebih baik pengaruhnya di masa depan. Dibantu temannya dia membuat model yang bisa memprediksi hal yang akan terjadi jika semua orang berubah menjadi vegetarian sebelum tahun 2050.

Hasilnya mengindikasikan -sebagian besar berkat peniadaan daging-dagingan merah- emisi yang terkait dengan pangan akan turun sekitar 60%. Jika orang-orang di dunia menjadi vegan (tidak makan daging, ikan, telur, susu, dan produk dari hewani), emisi menjadi turun sekitar 70%.

Studi model komputer Springmann menunjukkan bahwa, jika semua orang menjadi vegetarian pada 2050, kita akan melihat penurunan angka kematian global 6-10%, berkat pengurangan penyakit jantung koroner, diabetes, stroke, dan beberapa kanker. Walaupun menurut Springmann mengurangi emisi karbon adalah hal penting tetapi skenario yang dibuat tidak realistis.

Lalu apakah mulai sekarang kita harus jadi seorang vegetarian?

Hmm hal itu boleh saja dilakukan tetapi untuk menuju ke sana akan ada banyak sekali faktor lain yang harus dipertimbangkan. Misalnya, peternakan harus mengubah 80% lahan merumput hewan untuk menjadi hutan. Hutan akan menangkap karbondioksida yang akan berpengaruh terhadap perubahan iklim bumi. Selain itu, hutan bisa mengembalikan ekosistem.

Kedua, kita harus mempersiapkan pekerjaan untuk orang-orang yang memiliki profesi berkaitan atau bersinggungan dengan peternakan. Hal ini tentu membutuhkan waktu yang lama dan investasi yang sangat besar. Lalu apakah kita masih perlu untuk menjadi vegetarian? Jawabannya tidak. Hal yang terpenting yang bisa kita lakukan adalah mengurangi konsumsi daging dan menggantinya dengan sayur.

Mudah bukan?

Sumber : BBC Indonesia