Keren! Pembangkit Listrik Tenaga Angin Lepas Pantai Terbesar di Dunia Ada di Inggris

Keren! Pembangkit Listrik Tenaga Angin Lepas Pantai Terbesar di Dunia Ada di Inggris

 

Tahun 2018, pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai terbesar di dunia dibuka di pantai barat laut Inggris oleh perusahaan energi terbarukan Denmark, Orsted dalam proyek bernama Walney Extension. Pembangkit ini memiliki kapasitas 659 megawatt (MW) yang dapat mengaliri listrik untuk 600.000 rumah. Pembangkit ini akan menyusul pembangkit listrik yang telah dibangun sebelumnya, London Array, yang berkapasitas 630 megawatt.

Walney Extension memiliki 87 turbin angin dan berada di area seluas 145 kilometer persegi, setara dengan 20.000 lapangan sepak bola. Setiap turbin memiliki tinggi 195 meter dan merupakan turbin angin terbesar yang beroperasi di dunia. Orsted mengatakan bahwa mereka akan mengoptimalkan setiap kincir angin untuk dapat menghasilkan 8,25 megawatt.

Matthew Wright, direktur pelaksana Orsted Inggris, mengatakan bahwa kesuksesan pembangkit listrik tenaga angin ini didukung oleh kecepatan angin yang kuat serta perairan dangkal di Laut Utara Inggris dan Laut Irlandia. Selain itu, dukungan berkelanjutan dari pemerintah juga ikut andil dalam suksesnya proyek ini.

Selama 10 tahun terakhir, pemerintah Inggris dari seluruh elemen telah mendukung energi terbarukan dan pembangkit tenaga angin lepas pantai di Inggris untuk mengarah ke industri yang lebih berkembang. Berdasarkan data dari Global Wind Energy Council, Inggris merupakan pasar terbesar di dunia untuk pemakai listrik yang berasal dari angin lepas pantai. Inggris menampung 36 persen dari kapasitas angin lepas pantai yang dipasang secara global.

Walney Extension adalah salah satu proyek energi terbarukan pertama yang mendapatkan subsidi dari pemerintah Inggris pada tahun 2014. Pada kontraknya, harga minimum per megawatt hour (MWh) sebesar USD 195 selama 15 tahun.

Set turbin sendiri dibuat di pabrik-pabrik lokal Inggris dan Matthew Wright mengatakan perusahaan sangat ingin menggunakan fasilitas lokal. Sekita 50 persen dari nilai proyek akan berasal dari sumber-sumber di Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.