NYAWIJI ING ENERGI : Akses Energi Bersih di Perkotaan, Sylendra Power bangun PLTS Hybrid di Block71 Yogyakarta

NYAWIJI ING ENERGI : Akses Energi Bersih di Perkotaan, Sylendra Power bangun PLTS Hybrid di Block71 Yogyakarta

Melalui kampanye Nyawiji Ing Energi, Sylendra Power dan Block71 Yogyakarta bekerjasama menghadirkan PLTS Hybrid di tengah kota Yogyakarta, tepatnya di gedung BLOCK71. Hal ini membuktikan pembangkit listrik tenaga surya dapat diinstal di berbagai lokasi.

Adapun besaran PLTS yang di-instal memiliki kapasitas hampir 4,000 Wp dengan Energy Harvester sebesar 17,500 Wh. Dengan kapasitas tersebut, Block71 dapat menghemat pengeluaran listrik hingga hampir 30% perbulannya. Selain itu, Energy Harvester merupakan solusi andal ketika mati listrik melanda.

Popularitas instalasi PLTS perkotaan memang tengah meningkat saat ini, ditambah dukungan pemerintah melalui regulasi, seperti UU No. 30 tahun 2007, Perpres No. 22 Tahun 2017, Permendagri No. 90 tahun 2019, Perda DIY No. 06 tahun 2019, Perda DIY No. 06 tahun 2020, dan Perwalkot Kota Yogyakarta No. 42 tahun 2019. Singkatnya, pemerintah sudah mulai memperhatikan insentif dan penghargaan bagi pengguna energi terbarukan di Indonesia.

PLTS perkotaan diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam peningkatan pemanfaatan energi terbarukan dan pengurangan karbon dioksida (CO2). Kampanye yang diberi nama Nyawiji Ing Energi diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya energi bersih di perkotaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.