Teknologi itu bernama Energy Harvester.

Teknologi itu bernama Energy Harvester.

 

Sobat, setiap hari tentunya setiap manusia membutuhkan adanya energi listrik untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Energi listrik ini dapat dihasilkan dari berbagai sumber. Salah satunya yang banyak dipakai sebagai sumber pembangkit listrik adalah batu bara. Memang, penggunaan batu bara untuk pembangkit listrik lebih murah dibandingkan dengan sumber yang lain. Namun, penggunaan batu bara juga menimbulkan polusi yang berdampak pada lingkungan serta ketersediaannya yang tidak dapat diperbaharui. Hal tersebut suatu saat dapat menimbulkan kelangkaan. Tentunya kita semua nggak ingin dong, kita tidak bisa menggunakan listrik lagi karena bahan bakar pembangkitnya habis?

Kenyataan tersebut menimbulkan sebuah kekhawatiran. Saat ini, masyarakat global semakin sadar akan pentingnya penggunaan energi baru dan terbarukan. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dalam penggunaan energi baru dan terbarukan untuk pembangkit listrik. Keuntungan yang akan didapatkan antara lain energi ini biaya yang murah, ramah lingkungan dan dapat diperbaharui.

Banyak cara memanfaatkan energi terbarukan untuk penggunaan sehari-hari. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk memanfaatkan energi ini adalah menggunakan energy harvester. Apa sih sebenarnya energy harvester itu?

Energy harvester merupakan sebuah alat yang multifungsi dalam memanfaatkan energi baru dan terbarukan menjadi listrik yang biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Energy harvester tidak hanya bertindak sebagai pemanen energi, namun di dalamnya terdapat converter, inverter, dan energy harvester serta terhubung dengan teknologi IoT (Internet of Things).

Converter berfungsi untuk memanen energi dari energi terbarukan. Energi tersebut kemudian diubah menjadi listrik oleh alat yang bernama inverter. Listrik yang dihasilkan kemudian disimpan dalam energy storage. Fungsi penyimpanan ini sebagai cadangan untuk digunakan saat ini maupun di waktu yang akan datang. Alat ini sangat memudahkan untuk tetap beraktivitas dengan menggunakan listrik meskipun tidak ada aliran dari perusahaan listrik misalnya PLN. Segala aktivitas di energy harvester juga memungkinkan untuk dipantau dari jarak yang  jauh berkat teknologi IoT yang tertanam sehingga memudahkan penggunanya.

Bagaimana sobat, sudah memahami kan apa itu energy harvester? Teknologi yang semakin dibutuhkan demi masa depan yang ramah lingkungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.